Cara mengembalikan file dan folder yang tidak bisa dibuka / hanya terlihat file shortcut di flashdisk


Anda mungkin pernah mengalami kehilangan data dalam flashdisk atau media penyimpan data  USB lainnya setelah di scan oleh antivirus? Bagi orang awam beranggapan bahwa data yang ada dalam flashdisk hilang atau terhapus karena terinfeksi oleh sebuah virus (virus lokal).
Sebenarnya data tersebut belum tentu hilang atau terhapus, namun hal ini di sembunyikan (super hidden file) oleh virus dan data yang ada dalam flashdisk pun berubah menjadi sebuah shortcut baik folder, data MicrosoftOffice (word dan excel) atau yang lainnya. Anda dapat membedakan antara file asli dan shortcut pada Windows Explorer (Type dan Size).
Sebelum memulai, silahkan Anda cek kapasitas flashdisk yang sudah terpakai, buka
 Windows Explorer kemudian klik kanan pada drive flashdisk tersebut dan pilih Properties. Jika kapasitas flashdisk sudah banyak terpakai maka kemungkinan besar data asli masih ada.
Anda tidak perlu software tambahan yang harus Anda
 download dan menginstalnya. Silahkan simak langkah mudah berikut ini…
1. Pasang Flashdisk di komputer
2. Pilih
 Start > Run lalu ketikan CMD dan tekan Enter atau OK
3. Pada jendela Command Prompt, ketikan cd\

4. Ubah ke drive letter flashdisk anda, contoh flashdisk Anda di drive E maka ketikan E: lalu Enter

5. Setelah berada di drive E:\>, ketikan attrib -s -h -a /s /d lalu Enter, dan tunggu beberapa saat hingga proses mengubah atribut file selesai. (lihat gambar)



6. Jika pada jendela command prompt  kembali ke drive E:\>, berarti proses mengubah atribut telah selesai.
7. Silahkan Anda cek data dalam flashdisk tersebut.

Semoga berhasil dan bermanfaat :) !!!



2 komentar:

  1. mantap blognya, bos kemarin saya beli playsdisk 250 Gb untuk rencana memindahkan file2 dan program yang tersimpan di hardisk d dan e.. tapi setelah saya cut file-file dan program itu ke playsdisk 250 GB itu, alangkah kagetnya diri saya melihat folder tempat penyimpanan file-file dan program di d dan e tidak bisa trbuka dan terhapus.. saya langsung ke mbah google untuk mencari solusinya, alhamdulillah folder tempat penyimpanan file-file itu trbuka, tapi sayang sekali dan bercampur sock melihat file-file dan semua program-program saya yang rusak. krn saking shocknya saya, langsung saya hapus folder beserta file-file dan program itu. bos yang saya tanyakan: 1. apakah file-file dan progaram itu bisa kembali. 2. apakah setelah kembali file dan program itu bisa normal alias terbuka. mohon solusi dan bantuannya untuk memecahkan masalh saya. terima kasih

    BalasHapus
  2. gan .
    waktu ane buat kayak yang diatas keluar tulisan gini " E is not recognize as an internal or External command , operable program or batch file"
    itu kenapa ya ??

    BalasHapus


Get this widget!

Entri Populer

Jam

Kalender

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Irsyad Hanafi

Template by : irsyadhanafi15 / powered by :blogger